Search
  • Angelina Hair

'Telingamu', Mungkin Bisa Menyelamatkan Satu Nyawa


Pelukan, adalah ucapan terima kasih yang terindah.


Bukan sekali dua kali saya dipeluk customer saya yah... terutama mereka yang sembuh dari cancer, atau diujung tanduk hidupnya. Sebagian customer saya adalah pasien cancer, yang kehilangan rambutnya karena proses kemoterapi. Dan itu menyakitkan, apalagi untuk perempuan. Saya terpaksa mencukur rambut mereka yang rontok drastis dan memasangkan wig agar mereka dapat kembali beraktifitas, mengembalikan kepercayaan diri dan kembali berbaur dengan dunia. Tidak meringkuk dan merenungi nasib. Depresi akan membuat segalanya menjadi semakin buruk. Kamu harus keluar dari lingkaran setan itu. Sebagian besar tidak kuat pada proses pencukuran itu, banyak sekali yang menangis. Kadang mereka datang sendiri, kadang ditemani keluarga atau kerabat... saya hanya meminta 1 hal saja, letakkan ponselmu sesaat dan temanilah dia melalui saat proses pencukuran yang menghancurkan hati ini. Letakkan ponselmu sesaat saja dan katakan bahwa dia tetap CANTIK, dengan atau tanpa rambut. Sebab mereka sangat membutuhkan dukungan itu. Amat sangat.


Ada beberapa hal yang tidak dapat mereka ceritakan pada keluarga karena kuatir keluh kesah mereka akan semakin membuat keluarga menjadi kuatir. Tapi mereka dapat menceritakannya kepada saya. Saya hanyalah seorang seller, bukan siapa-siapa, nobody juga... tapi saya selalu mendengarkan, menguatkan dan menemani mereka melalui proses-proses yang menyakitkan itu. Tidak jarang mereka menelpon atau whatsp hanya untuk mendengarkan bahwa rambut mereka akan tumbuh dengan baik, dan ya! Mereka akan sembuh dan memiliki rambut yang lebih baik dari sebelumnya! Tentu, tapi lalui dulu proses ini, konsen pada penyembuhan dan setelah itu biarkan semua berjalan dengan sendirinya.


Kemo membuat rambut rontok dengan dashyat. Tapi percayalah setelah proses ini, rambutmu akan tumbuh. Insyallah, lebih indah dari sebelumnya. Dan rata-rata memang tumbuh lebih indah, rambut hitam yang lebat, minim uban ataupun beruban, lurus ataupun keriting -- tapi akan tumbuh seperti sedia kala. Bersemangatlah untuk tetap sembuh dan kamu akan sembuh. Pikiran yang positif, hati yang berbahagia, menerima, berserah dan terus berjuang adalah obat yang maha dahsyat, tanamkan dalam pikiranmu dan ini tidak ada dalam resep dokter. Ini adalah kekuatan dari dalam diri yang akan membantu proses penyembuhan.


Hari ini saya sangat bahagia, bertemu customer saya yang baru selesai kemo. Rambutnya sudah tumbuh 3cm, hitam, lebat dan minim uban. Saking banyaknya, anak rambut tumbuh dimana-mana sehingga dia terlihat seperti orang yang baru menggunakan obat penumbuh rambut. Ini mukjizat!! Saya merasa sangat bahagia karena saya ingat pada awal kunjungan, cici sangat stress, depresi, kurus dan minim semangat. Jangan tanya waktu proses pencukuran, linangan air matanya tidak berhenti... Tidak jarang cici menelpon atau wa sekedar curhat dan saya selalu ada untuk mendengarkan dan menyemangatinya. Sekarang, menemukannya seperti sosok yang lahir baru, begitu penuh semangat dengan wajah berseri-seri, tubuh yang lebih gemuk dan semangat yang begitu baik -- membuat saya merasa sangat bahagia. Cici bahkan bisa menjadi penyintas untuk yang lainnya, menceritakan pengalaman perjuangannya dan ikut menguatkan klien lain yang kebetulan bertemu di salon saya. Ini luar biasa... Tuhan sungguh Maha Besar.


Saya mengerti betapa beratnya pasien kemo, dan saya berusaha melakukan apa yang bisa saya lakukan untuk mengurangi beban mereka. Mereka yang datang tertatih, saya akan membantu memapah mereka ke mobil dan menutup pintu mobil. Pernah saya harus lembur menunggui klien kemo yang baru pulang dari RS, dan terpaksa mencukur rambutnya didalam mobil. Saya akan melakukan apapun yang saya bisa, untuk mengurangi beban mereka. Itu adalah panggilan dari dalam diri, sebab saya adalah seller rambut palsu yang melakukan pekerjaan saya karena hobi. Saya memiliki passion di rambut, jiwa sosial yang baik, seorang yang tidak mengkonsumsi daging apapun dengan alasan pecinta binatang. Bahwa manusia memiliki banyak hal untuk dikonsumsi jadi saya tidak ingin membunuh binatang lainnya dengan alasan apapun. Jika kamu menemukan beberapa kucing liar didepan toko yang saya beri makan, saya mohon maklumilah. Mereka tidak tahu harus mencari makan dimana, biarkan mereka menunggui saya disana. Saya akan merawat mereka. Rejeki Tuhan yang atur, selama saya mampu.. saya akan merawatnya.


Jadi teman-teman, mungkin hari ini kamu menemukan dirimu begitu hopeless tanpa masa depan. Tapi ingatlah selama kita masih bernyawa, kita harus memperjuangkan hidup kita. Jangan meninggalkan dunia ini tanpa perjuangan, lakukan yang kita bisa, biarkan Tuhan yang menentukannya. Kuasa Tuhan bekerja lewat tim dokter, orang-orang disekeliling kita, dan juga bekerja dengan caranya sendiri lewat pemulihan jiwa yang membuat kita melihat apa yang sebelumnya tidak pernah kita lihat. Perkara hidup atau mati, wallahualam. Kematian bagimu adalah urusanmu dan bagimu itu beres. Tapi bagi orang-orang yang ditinggalkan, itu adalah masalah kehilangan dan duka yang tidak akan terhapus seumur hidup. Jadi pikirkan baik-baik, semuanya pantas diperjuangkan dan tidak ada yang sia-sia.


Tetaplah berjuang dan bersabar. Temani dia dimasa gentingnya. Dia mungkin akan mengeluhkan hal yang berulang-ulang karena dia sendiripun takut dan bingung..... Luangkan waktumu untuk mendengar keluh kesahnya. Letakkan ponselmu sesaat saja. Telingamu, mungkin dapat menyelamatkan satu nyawa. Good things never dies. Syalom.



11 views0 comments